Sabtu, 14 November 2015

Makassar Kini

9-14 Nopember 2015
Penulis berkesempatan mengikuti survey kawasan strategis Mamminasata, Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta jam 5 tiba di Bandara Sultan Hassanudin, begitu menginjakkan kaki, sangat terasa kemajuan pesat kota Makassar.

Flashback : 18 tahun lalu penulis sempat merasakan makassar yang kala itu masih bernama Ujung Pandang, nama itu masih tetap digunakan sebagai kode bandara (UPG), waktu itu bandara nya kecil masih ada pesawat merpati dan mandala, sekarang disebut bandara lama, Jalan AP. Pettarani dulu masih sepi, sedikit pertokoan. Lapangan Karebosi dulu hanya berupa lapangan luas untuk upacara atau olahraga.

Sekarang Jalan AP Pettarani di Makassar menjadi pusat perdagangan dan jasa dan pemerintahan, ketika sore jam pulang kantor sangat macet, namun ada kantor yang tak berubah yaitu kantor otmil (oditur militer) bentuknya masih sama dengan yang dulu, perkembangannya kalau malam jadi tempat warung seafood.

Pekembangan pembangunannya sangat pesat, mulai dari kawasan industri, pelabuhan, real estate, dan perdagangan. Hanya saja dari segi lingkungan seperti tidak diperhatikan, sedikit ruang terbuka hijau, sehingga sangat terasa di makassar panasnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar